Kamis, 02 Maret 2017

SAP IAD/IBD



A.   MATERI DAN TOPIK BAHASAN DALAM KULIAH

POKOK BAHASAN DAN SUB POKOK BAHASAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
PERT KE 
PEMAKALAH
Hakikat Ilmu Alamiah Dasar
1.   Latar Belakang Ilmu   Alamiah Dasar.
2.   Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar.
3. Dasar Ilmiah Ilmu Alamiah
    Dasar.
4. Pokok Bahasan Ilmu
    Alamiah Dasar.
Mahasiswa mampu;
a.    Mengetahui latar belakang ilmu alamiah dasar
b.   Mengetahui Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar
c. Mengetahui nilai-nilai dasar
    manusia dalam berbagai
    pengetahuan alam secara
    sistematis.
d.   Mengetahui masalah-masalah    alam yang menjadi pokok bahasan.
1

Alam Pikiran Manusia dan Perkembangannya
1. Manusia yang bersifat Unik.
2. Kuriositas atau rasa ingin
    tahu dan akal-budi.
3. Perkembangan Alam
    Pikiran Manusia.
4. Lahirnya Ilmu Alamiah.
5. Kriteria Ilmiah.
6. Metode Ilmiah dan
    Implementasinya.
7. Keterbatasan Ilmu Alamiah.
8. Filsafat Ilmu Alamiah.
9. Kemampuan memecahkan
    masalah.
10. Keterbatasan Indra
      Manusia.
11. Ilmu Pengetahuan pada
      hakikatnya merupakan satu
      unit.
12. Penelaahan Alam Semesta
      dan Sikap Ilmiah
Mahasiswa mampu :
a. Menjelaskan ciri-ciri manusia
    sebagai makhluk hidup.
b. Menjelaskan manusia
    mempunyai rasa ingin tahu.
c. Menjelaskan perkembangan
    alam pikiran manusia.
d. Menjelaskan lahirnya ilmu
    alamiah.
e. Menyebutkan kriteria ilmu
    alamiah.
f. Menjelaskan kelebihan dan
   kekurangan Ilmu Alamiah
   dengan pemecahan meng
   gunakan metode ilmiah.
g. Menjelaskan keterbatasan Ilmu
    Alamiah.
h. Menjelaskan filsafat Ilmu
    Alamiah.
i. Memecahkan masalah dengan
   melakukan pemecahan
   masalah.
j. Menjelaskan keterbatasan
   Indera Manusia.
k. Menjelaskan bahwa ilmu
    pengetahuan pada hakekatnya
    merupakan satu unit.
l. Menelaah alam semesta dengan
   menggunakan metode dan
   sikap ilmiah.
2 

Alam Semesta Sebagai Sistem
1. Alam Semesta.
2. Susunan Tata Surya.
3. Bagian-bagian Tata Surya.
4. Benda-benda lain dalam
    Tata Surya.
5. Asal-usul Tata Surya.
6. Bumi.
Mahasiswa mampu :
a. Menjelaskan alam semesta itu
    sendiri.
b. Menyebutkan susunan tata
    surya.
c. Menyebutkan bagian-bagian
    tata surya.
d. Menyebutkan benda-benda
    lain dalam Tata Surya.
e. Menjelaskan asal usul tata
    surya.
f. Menjelaskan tentang bumi
3

Evolusi
1. Biosfer
2. Evolusi Kehidupan.
3. Evolusi Manusia.
Mahasiswa mampu :
a. Menjelaskan terbentuknya
    wahana bakal biosfer.
b. Menjelaskan terjadinya evolusi
    kehidupan.
c. Menjelaskan evolusi manusia.
4

Sumber Daya Alam, Lingkungan Serta Pengelolaannya
1. Ilmu Lingkungan.
2. Ekologi sebagai dasar Ilmu
    Lingkungan.
3. Pengaruh Manusia dalam
    Lingkungan.
Mahasiswa mampu :
a. Menjelaskan dan mendifinisi
    kan ilmu lingkungan.
b. Menjelaskan ekologi sebagai
    dasar ilmu lingkungan.
c. Menjelaskan pengaruh
    manusia terhadap lingkungan.
5

Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi, Perkembangan dan Implementasinya
1. Peranan Ilmu Alamiah dan
    Teknologi.
2. Dampak Ilmu Alamiah dan
    Teknologi.
3. Pencarian Sumber Daya
    Alam Nonkonvensional.
4. Usaha Manusia untuk
    melestarikan eksistensinya
Mahasiswa mampu :
a. Menjelaskan peranan ilmu
    alamiah dan teknologi.
b. Menjelaskan dampak ilmu
    alamiah dan teknologi.
c. Menjelaskan dan pencarian
    sumber daya alam
    nonkonvensional.
d. Melakukan usaha untuk
    melestarikan eksistensinya
6


UTS
7

Hakikat Ilmu Budaya Dasar
1. Latar Belakang Ilmu
    Budaya Dasar.
2. Lingkup Ilmu Budaya
    Dasar.
3. Dasar Ilmiah Ilmu Budaya
    Dasar.
4. Pokok Bahasan Ilmu
    Budaya Dasar.
Mahasiswa mampu;
a. Mengetahui konteks budaya
    Indonesia sesuai dengan
    program pendidikan di
    Perguruan Tinggi.
b. Mengetahui ilmu budaya dasar
    identik dengan basic
    humanities.
c. Mengetahui nilai-nilai dasar
    manusia dalam berbagai
    pengetahuan budaya secara
    sistematis.
d. Mengetahui masalah-masalah
    kemanusian dan budaya.
8

Kebudayaan
1. Pengertian Kebudayaan.
2. Kerangka Kebudayaan.



3. Sistem Budaya dan Sistem
    Sosial.
4. Konsep Nilai, Sistem Nilai,
    dan Orientasi Nilai
    (Budaya).
5. Perubahan Kebudayaan dan
    Penyesuaian Diri antar
    Budaya.
6. Barat dan Timur diantara
    Kebudayaan Nasional.
7. Rumusan tentang
    Kebudayaan Nasional
    Indonesia.
Mahasiswa mampu;
a. Mengetahui pengertia
    kebudayaan.
b. Memahami kerangka
    kebudayaan yang merupakan
    perpaduan beberapa
    pengertian, konsep, atau teori
    pengetahuan budaya.
c. Mengetahui sistem sosial.
   System budaya merupakan
    bagian dari kerangka budaya.
d. Mengetahui fenomenologis
    Nilai, konsep nilai, watak nilai,
    sistem nilai, orientasi nilai
    budaya.
e. Mengetahui masyarakat dan
    kebudayaan selalu dalam
    keadaan berubah.
f. Mengetahui hubungan barat
   dan timur terhadap kebudayaan
   nasional.
g. Mengetahui rumusan
   kebudayaan Nasional Indonesia
   untuk mewujudkan integrasi
   nasional.
9

Manusia sebagai makhluk individu dan mahluk sosial.
  1. Hakikat manusia sebagai individu dan mahluk sosial
  2. fungsi dan peran manusia sebagai individu dan mahluk sosial
  3. dinamika interaksi sosial
  4. solusi terhadap dilema kepentingan individu dan masyarakat

Mahasiswa mampu :
  1. Menjelaskan hakikat manusia sebagai individu dan mahluk sosial
  2. Menjelaskan fungsi dan peran manusia sebagai individu dan mahluk sosial
  3. Menjelaskan dinamika interaksi sosial
  4. Menemukan solusi terhadap dilema kepentingan individu dan masyarakat
10

Keragaman dan kesetaraan dalam dinamika sosial budaya
  1. Hakikat keragaman dan kesetaraan manusia
  2. kemajemukan dalam dinamika sosial budaya
  3. keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaan sosial budaya
  4. solusi  problematika keragaman dan kesetaraan
Mahasiswa mampu:
  1. menjelaskan hakikat keragaman dan kesetaraan manusia
  2. menjelaskan kemajemukan dalam dinamika sosial budaya
  3. menjelaskan keragaman dan kesetaraan sebagai kekayaan sosial budaya
  4. menemukan solusi  problematika keragaman dan kesetaraan
11

Pandangan Hidup
1. Pandangan Hidup.
2. Pandangan Hidup dan
    Ideologi.
3. Sumber Pandangan Hidup.
4. Tanggung Jawab.
Mahasiswa mampu:
a. Menjelaskan pengertian
   Pandangan Hidup.
b. Mendefinisikan pandangan
    hidup dan ideologi.
c. Menyebutkan macam-macam
    pandangan hidup.
d. Mendefinisikan Tanggung
    Jawab.
12

Cinta kasih dalam kehidupan manusia
1. Cinta Diri.
2. Cinta Kepada sesama
    Manusia.
3. Adil dan Belas Kasih
    ( Cinta).
4. Pertemuan dan Cinta.
5. Rasa Kasihan, Cinta dan
    Persahabatan.
6. Cinta menurut Agama.
7. Cinta Kasih Erotis.
8. Keindahan
Mahasiswa mampu ;
a. Memahami dan mengartikan
    cinta diri..
b. Memahami dan mengartikan
    cinta kepada sesama manusi.
c. Memahami dan mengartikan
    belas kasih (Cinta).
d. Memahami hakikat pertemuan
    dan cinta.
e. Memahami hubungan
    timbulnya rasa kasihan, cinta,
    dan Persahabatan.
f. Memahami hakikat cinta
   menurut Agama.
g. Memahami dan mengartikan
    cinta kasih erotis.
h. Mempersepsikan keindaham
13

UAS
14


Format Makalah
Tugas Individu    : Membuat makalah materi perkuliahan
Tugas Kelompok : Membuat makalah dengan format :
a. Kertas A4
b. Arial : 3 cm, bottom : 3 cm, left: 4 cm, dan right : 3 cm.
c. Jumlah minimal 6 halaman.
d. Sistematika isi makalah:
1. Pendahuluan
2. Pembahasan
3. Kesimpulan
4. Daftar Pustaka

F. REFERENSI
Abd. Mu’in Salim, Konsepsi Kekuasaan Politik dalam Al-Qur’an, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1994.
Abu Ahmad, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta : Bina Aksara, 1988.
Asghar Ali Engineer, Devolusi Negara Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2003.
Cheppy Harucahyono, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya : PT. Usaha Nasional, 1989.
Hasan Al-Turabi, Fiqih Demokratis, Bandung : PT. Arasy, 2003.
M. Arifin Noor, Ilmu Sosial Dasar, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.
Maskoeri Jasin, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta: Rajawali Pers, 1992.
Mawardi & Nur Hidayati, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2007.
P. Soedarno, dkk, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.
Rohiman Notowidago, Ilmu Budaya Dasar berdasarkan al-Qur’an Dan Hadits, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1997.