Kamis, 06 April 2017

IAD/ ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI, PERKEMBANGAN DAN IMPLEMENTASINYA


ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI, PERKEMBANGAN DAN IMPLEMENTASINYA





Disusun Guna Memenuhi Tugas
ILMU ALAMIAH DASAR
Dosen Pengampu :
Sarja, S.Sos., MM.
Disusun Oleh  :
1.      ARDANI AHMAD                    (NIM : 141403004)
2.      DIKA TRI KUSUMA. A          (NIM : 141403007)
3.      MA’RIFAH                               (NIM : 141403011)
4.      SINTASARI                              ( NIM :141403018 )
EKONOMI BISNIS SYARI’AH
SEMESTER VI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAKTI NEGARA
TEGAL
DAFTAR PUSTAKA
COVER...................................................................................................        i
DAFTAR ISI..........................................................................................        ii
BAB I PENDAHULUAN.....................................................................        1
1.1  LATAR BELAKANG...............................................................        1
1.2  RUMUSAN MASALAH...........................................................        1
BAB II PEMBAHASAN.......................................................................        2
2.1  PERANAN ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI..............        2
2.2  DAMPAK ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI................        5
2.3  PENCARIAN SUMBER DAYA ALAM
NONKONVENSIONAL...........................................................        10
2.4  USAHA MANUSIA UNTUK MELESTARIKAN
EKSISTENSINYA.....................................................................        15
BAB III PENUTUP...............................................................................        17
3.1  KESIMPULAN..........................................................................        17
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................        18








BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja. Pada pembahasan kali ini kami akan membahas Ilmu Alamiah Dasar secara lebih spesisfik lagi, yaitu pembahasan mengenai Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi.
Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, mudah, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.  Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat-perangakat mesin, seperti computer, kendaraan, handphone, dan lain sebagainya. Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu.
1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana Peranan Ilmu Alamiah Dan Teknologi ?
2.      Bagaimana Dampak Ilmu Alamiah Dan Teknologi ?
3.      Bagaimana Pencarian Sumber Daya Alam  Nonkonvensional ?
4.      Bagaimana Usaha Manusia Untuk Melestarikan Eksistensinya ?      

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  PERANAN ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI
1.      Pengertian Ilmu Alamiah dan Teknologi
Ilmu alamiah sering disebut ilmu pengetahuan alam (IPA) dan akhir-akhir ini ada juga yang menyebut ilmu kealaman yang dalam bahasa inggris disebut Natural Science atau disingkat Science dan dalam bahasa indonesia disebut sains merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini. Teknologi adalah inovasi baru pada era sekarang dengan keunggulan-keunggulannya serta manfaatnya. Teknologi juga disebut keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
2.      Peranan Ilmu Alamiah Dasar
Kehadiran ilmu pengetahuan dan teknologi modern seperti listrik, teknologi nuklir, bioteknologi, komputer, radio telekomunikasi dan teknologi antariksa merupakan kemajuan yang dihasilkan dalam abad ini. Kemajuan dalam bidang teknologi dirgantara telah mendorong kemajuan di berbagai bidang seperti telekomunikasi, pendidikan, pertanian, kehutanan, pertambangan dan energi,
pertumbuhan industri, manajemen sumber daya alam, kesehatan, lingkungan dan sebagainya. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan meningkatkan kemandirian serta daya saing bangsa sehingga akan berdampak pada kuatnya ketahanan nasional dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis.
Peranan ilmu alamiah dan ilmu teknologi dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
1)      Materi
Materi yaitu apa saja yang mempunyai masa dan menempati ruang, sedangkan energi adalah suatu tenaga yang bisa memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Energi terdapat dalam berbagai bentuk yaitu energi listrik, cahaya, energi kimia, energi panas, energi gerak, dll.
2)      Energi
Dapat dirubah dari bentuk satu ke bentuk lain , energi itu kekal adanya energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia dan dapat diambil melalui berbagai cara antara lain :
Ø  PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Prinsipnya adalah energi potensial dari air danau diubah menjadi energi listrik melalui turbin yang menggerakan generator.
Ø  PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Prinsipnya, Mesin Diesel menggerakan generator listrik.
Ø  PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) Prinsipnya, Reksi Nuklir menghasilkan energi panas, energi panas ini menjadi energi mekanik melalui penguapan air, turbin uap berputar menggerakan generator listrik.
Mesin-mesin perkembangan teknologi diantaranya :
·         Mesin bakau
·         Mesin diesel
·         Jet
·         Roket dan nuklir
Kehadiran ilmu pengetahuan modern seperti listrik, teknologi nuklir, nioteknologi, komputer, radio telekomunikasi dan teknologi antariksa merupakan kemajuan yang dihasilkan dalam abad ini. Kemajuan dalam bidang teknologi dirgantara telah mendorong kemajuan di berbagai bidang seperti telekomunikasi ,pendidikan, pertanian, kehutanan, pertambangan dan energi, pertumbuhan industri, menajemen sumberdaya alam, kesehatan, lingkungan dsb. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan meningkatkan kemandirian serta daya saing bangsa sehingga akan berdampak pada kuatnya ketahanan nasional dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis.


Peranan Teknologi
Indonesia telah cukup lama memperoleh manfaat yang besar dari aplikasi teknologi dirgantara seperti transportasi udara, telekomnunikasi, penginderaan jauh, observasi bumi dan lingkungan, navigasi, geodesi dsb. Terkait dengan permasalahan tersebut, teknologi dirgantara telah memberikan banyak manfaat salah satunya adalah pemanfaatan teknologi satelit untuk penginderaan jauh (remote sensing). Teknologi penginderaan jauh tersebut memberikan berbagai informasi vital terkait dengan pertanian, kehutanan, menajemen lahan, pemetaan laut, perikanan, kehutanan, menajemen lahan, menajemen banjir dan bencana alam. Seperti yang telah kita ketahui sasaran ilmu pengetahuan itu adalah alam semesta dan segala isinya, baik berupa makhluk hidup maupun makhluk tak hidup, alam semesta dan segala isinya itu dapat kita bagi menjadi dua, yaitu :
 Materi dan Energi. Yang dimaksud dengan materi adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati suatu ruang. Contoh: meja, kursi, gunung, awan, udara dll. Adapun energi adalah sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ketempat lain. Energi mempunyai berbagai bentuk berupa panas, gerak, cahaya dan sebagainya. Disamping itu energi dapat pula berubah bentuk. Energi dalam bentuk panas, misalnya menjadi energi mekanik, listrik dll. Perubahan ini terjadi dengan jalan mengubah air menjadi uap. Seperti yang telah kita ketahuai bahwa manusia sabagai makhluk hidup yang lebih unggul dibandingkan dengan makhluk hidup yang lain. Hal itu terjadi karena manusia mampu mencipta dan menggunakan alat-alat. Salah satu alat yang menakjubkan dan sangat membantu kehidupan manusia adalah mesin-mesin. Miasalnya; lemari es, komputer, dan berbagai alat yang bermanfaat lainnya.




2.2  DAMPAK ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI
1.   Bidang Informasi dan komunikasi 
Dampak Positif 
a)      Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet 
b)      Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone 
c)      Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. 
Dampak Negatif 
a)      Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas) 
b)      Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu 
c)      Kerahasiaan alat tes semakin terancam.  Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d)     Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. 
2.      Bidang Ekonomi dan Industri 
Dampak Positif 
a)      Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi 
b)      Terjadinya industrialisasi 
c)      Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko. 
d)     Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki . Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut. 
e)      Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi 
Dampak negatif 
a)      Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
b)      Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”
3.      .Bidang Sosial dan Budaya 
Dampak Positif 
a)      Perbedaan kepribadian pria dan wanita.  Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya. 
b)      Meningkatnya rasa percaya diri.  Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
c)      Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras 
Dampak Negatif 
a)      Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”. 
b)      Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat, semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan. 
c)      Pola interaksi antar manusia yang berubah.  Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting  (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja. 
4.      Bidang Pendidikan 
Dampak Positif 
a)      Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. 
b)      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. 
c)      Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. 
Dampak Negatif 
a)      Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut. 
b)      Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain. 
5.      Bidang politik 
Dampak Positif
a)      Timbulnya kelas menengah baru.  Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar. 
b)      Proses regenerasi kepemimpinan.  Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental. 
c)      Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru. 
Dampak Negatif 
a)      Penggunaan persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan dan kekayaan.
b)      Terorisme yang semakin merajalela.
c)      Kurangnya privacy suatu negara akibat kerahasiaan yang tidak terjamin dengan semakin canggih  nya alat–alat pendeteksi. 

Cara Menyikapi Perkembangan IPA dan Teknologi yang Pesat
Ø  Memberi pendidikan awal dengan benar agar anak-anak dan remaja mengerti benar apa-apa saja efek negativ dari dunia Ilmu Teknologi. Sehingga para remaja dapat memilah dan memilih informasi yang mereka dapatkan dari kamajuan Ilmu Teknologi.
Ø  Menanamkan mental agama yang lebih untuk anak-anak, agar tidak terjebak dalam hal-hal yang negativ terkait dunia Ilmu Teknologi. Bekal agama pun tak kalah penting agar para siswa dapat mengetahui batasan batasan dan norma-norma dalam mengambil informasi dari kemajuan Ilmu Teknologi.
Ø  Memberikan pengarahan tentang pemanfaatan dan pengoptimalan ilmu teknologi sebagai media untuk membantu guru maupun siswa dalam proses belajar dan mengajar di sekolah.
Ø  Pengenalan ilmu teknologi yang dapat mendukung proses pendidikan di dalam pembelajaran sekolah. Seperti pemanfaatan internet sebagai sumber ilmu tambahan selain buku.
Ø  Pengenalan tentang pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam proses belajar dan mengajar  seperti aplikasi presentasi dan aplikasi pengeditan foto.
Ø  Jadi kita semua harus dapat bersikap arif dan bijak dalam memanfaatkan Ilmu Teknologi dalam dunia pendidikan, kita juga harus pintar menyaring mana hal yang baik dan mana hal yang buruk dalam dunia Ilmu Teknologi,  agar kita mendapatkan hal yang positif dan bermanfaat tanpa terjerumus ke dalam hal yang negative.
2.3  PENCARIAN SUMBER DAYA ALAM  NONKONVENSIONAL
Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera. SDA ada disekitar alam lingkungan hidup kita seperti minyak bumi, batu bara dan sebagainya. Dengan demikian SDA non konvensional adalah SDA yang ada disekitar kita yang dapat digunakan dalam skala besar dan sumber energi ini diharapkan tidak boleh menghasilkan polutan sama sekali.
Pencarian sumber daya alam nonkonvensional yang hangat pada saat ini ialah pemanfaatan energi matahari,energi panas,energi angin,dan energi biogas.
Pemilihan sumber energi tersebut tentu saja alasan yang kuat,yaitu dapat digunakan dalam skala besar serta agar dapat mengganti minyak bumi dan batu bara. Sumber energi yang dipakai itu tidak boleh menghasilkan polutan yang banyak ,bahkan bila mungkin tidak menghasilkan polutan.
1.   Energi Matahari
Energi matahari merupakan energi yang utama bagi kehidupan di bumi ini. Berbagai jenis energi, baik yang terbarukan maupun tak-terbarukan merupakan bentuk turunan dari energi ini baik secara langsung maupun tidak langsung.
Berikut ini adalah beberapa bentuk energi yang merupakan turunan dari energi matahari misalnya :
  • Energi angin yang timbul akibat adanya perbedaan suhu dan tekanan satu tempat dengan tempat lain sebagai efek energi panas matahari.
  • Energi air karena adanya siklus hidrologi akibat dari energi panas matahari yang mengenai bumi.
  • Energi biomassa karena adanya fotositensis dari tumbuhan yang notabene menggunakan energi matahari.
  • Energi gelombang laut yang muncul akibat energi angin.
  • Energi fosil yang merupakan bentuk lain dari energi biomassa yang telah mengalami proses selama berjuta-juta tahun.
Selain itu energi panas matahari juga berperan penting dalam menjaga kehidupan di bumi ini. Tanpa adanya energi panas dari matahari maka seluruh kehidupan di muka bumi ini pasti akan musnah karena permukaan bumi akan sangat dingin dan tidak ada makhluk yang sanggup hidup di bumi.
Energi Panas Matahari sebagai Energi Alternatif
Energi panas matahari merupakan salah satu energi yang potensial untuk dikelola dan dikembangkan lebih lanjut sebagai sumber cadangan energi terutama bagi negara-negara yang terletak di khatulistiwa termasuk indonesia, dimana matahari bersinar sepanjang tahun.
Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu :
a)      Pemanasan ruangan
b)      Penerangan ruangan
c)      Kompor matahari
d)     Pengeringan hasil pertanian
e)      Distilasi air kotor
f)       Pemanasan air
g)      Pembangkitan listri
2.      Energi panas bumi
Energi panas bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. Energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air). Sejak peradaban Romawi, namun sekarang lebih populer untuk menghasilkan energi listrik. Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007,dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia
Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, namun terbatas hanya pada dekat area perbatasan lapisan tektonik.
Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun di sekitar lempeng tektonik di mana temperatur tinggi dari sumber panas bumi tersedia di dekat permukaan. Pengembangan dan penyempurnaan dalam teknologi pengeboran dan ekstraksi telah memperluas jangkauan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi dari lempeng tektonik terdekat. Efisiensi termal dari pembangkit listrik tenaga panas bumi cenderung rendah karena fluida panas bumi berada pada tempertur yang lebih rendah dibandingkian dengan uap atau air mendidih. Berdasarkan hukum termodinamika, rendahnya temperatur membatasi efisiensi dari mesin kalor dalam mengambil energi selama menghasilkan listrik. Sisa panas terbuang, kecuali jika bisa dimanfaatkan secara lokal dan langsung, misalnya untuk pemanas ruangan. Efisiensi sistem tidak mempengaruhi biaya lokal operasional seperti pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil.
3.      Energi angin
Udara yang bergerak disebut angin dan dapat terjadi perbedaan tekanan disuatu tempat dengan tempat yang lain.
Orang dahulu sebenarnya telah menggunakan energi angin itu, misalnya untuk menggerakan perahu layar sehingga terjadilah penjelajahan laut dari satu negara ke negara lain. Bangsa belanda dulu terkenal dengan penggunaan kinjcir-kincir angin untuk menggerakanh pompa-pompa air guna mendapatkan air bersih di beberapa kampong.
Energi angin dapat dimanfaatkan untuk diubah menjadi tangkap (oleh baling-baling atau katakan lah rotor bersayap).
Pasang surut menggerakan air dalam jumlah besar setiap harinya, dan pemanfaatanya dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang cukup besar. Dalam sehari bisa terjadi hingga dua kali siklus pasang surut. Oleh karena waktu siklus bisa diperkirakan 9 kurang lebih setiap 12,5 jam sekali), suplai listriknya pun relatif lebih dapat diandalkan daripada pembangkit listrik bertenaga ombak.


Pada dasarnya ada dua metodologi untuk memanfaatkan energi pasang surut.
a)      Dam pasang surut
Cara ini serupa seperti pembangkit listrik secara hidro-elektrik yang terdapat di dam/waduk penampungan air bersih. Hanya saja, dam yang dibangun untuk memanfaatkan siklus pasang surut jauh lebih besar dari pada dam air sungai pada umumnya. Dam ini biasanya dibangun di muara sungai dimana terjadi pertemuan antara air sungai dengan air laut. Ketika ombak masuki atau keluar (terjadi pasang atau surut), air mengalir melalui terowongan yang terdapat di dam.
Pembangkit listrik tenaga pasang surut (PLTPs) terbesar di dunia terdapat di muara sungai Rance di sebelah utara perancis. Pembangkit listrik ini dibangun pada tahun 1966 dan berkapasitas 240 MW. PLTPs La Rance di desain dengan teknologi canggih dan beroperasi secara otomatis, sehingga hanya membutuhkan dua orang saja untuk pengoperasian pada akhir pekan dan malam hari. PLTPs terbesar kedua di dunia terletak di Annapolis, Nova Scotia, Kanada dengan kapasitas”hanya”16 MW.
Kekurangan terbesar dari pembangkit listrik tanpa tenaga pasang surut adalah mereka hanya dapat menghasilkan listrik selama ombak mengalir masuk (pasang) ataupun mengalir keluar (surut), yang terjadi hanya selama kurang lebih 10 jam per harinya. Namun,karena waktu operasinya dapat diperkirakan, maka ketika PLTPs tidak aktif, dapat digunakan pembangkit listrik hanya untuk sementara waktu hingga terjadi pasang surut lagi
b)      Turbin lepas pantai (offshore turbines)
        Pilihan lainya menggunakan turbin lepas pantai yang lebih menyerupai pembangkit listrik tenaga angin versi bawah laut. Keunggulanya dibandingkan  metode pertama yaitu : lebih murah biaya instalasinya, dampak lingkungan yang relatif lebih kecil dari pada pembangunan dam, dan persyaratan lokasinya pun lebih mudah sehingga dapat dipasang di lebih banyak tempat.
Berikut ini disajikan secara ringkas kelebihan dan kekurangan dari pembangkit tenaga pasang surut :
Kelebihan :
·         Setelah dibangun, energi pasang surut dapat diperoleh secara gratis.
·         Tidak menghasilkan gas rumah kaca ataupun limbah lainya.
·         Tidak membutuhkan bahan bakar.
·         Biaya operasi rendah.
·         Produksi listrik stabil.
·         Pasang surut air laut dapat diprediksi.
·         Turbin lepas pantai memiliki biaya instalasi rendah dan tidak menimbulkan dampak lingkungan yang besar
Kekurangan:              
  • Sebuah dam yang menutupi muara sungai memiliki biaya
  • pembangunan yang sangat mahal, dan meliputi area yang sangat luas sehingga merubah ekosistem lingkingan baik ke arah hulu maupun hilir hingga berkilo-kilometer.
  • Hanya dapat mensuplai energi kurang lebih 10 juam setiap harinya, ketika ombak lingkungan yang besar
2.4  Usaha Manusia Untuk Melestarikan Eksistensinya
Usaha manusia untuk mencari energi pengganti minyak bumi seperti yang baru diuraikan diatas hanyalah merupakan salah satu alterntif  bagi manusia untuk dapat mempertahankan eksistensinya di muka bumi.
Masalah lain yang sangat vital adalah masalah penggunaan teknologi maju yang baru saja di bahas dalam bab di muka, yaitu penggunaan energi nuklir yang maha dasyat itu. Keuntunganya sangat besar, tetapi bahaya nuklir terutama dari bom atom maupun bom hidrogen yang dapat memusnahkan manusia beserta isi permukaan bumi ini bukanya di hapuskan, tetapi justru terjadi perlombaan.
Sebaliknya, dengan teknologi maju orang bisa terus berusaha mengadakan eksplorasi ke antariksa, mencari kemungkinan dapat melakukan migrasi ke planet lain. Namun, sepanjang penyelidikan yang ada, kemungkinan itu sangat kecil bila di bandingkan dengan dugaa-dugaan semula
















BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
            Ilmu alamiah sering disebut ilmu pengetahuan alam (IPA) dan akhir-akhir ini ada juga yang menyebut ilmu kealaman yang dalam bahasa inggris disebut Natural Science atau disingkat Science dan dalam bahasa indonesia disebut sains merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini. Teknologi adalah inovasi baru pada era sekarang dengan keunggulan-keunggulannya serta manfaatnya.
Cara Menyikapi Perkembangan IPA dan Teknologi yang Pesat
Ø  Memberi pendidikan awal dengan benar agar anak-anak dan remaja mengerti benar apa-apa saja efek negativ dari dunia Ilmu Teknologi.
Ø  Menanamkan mental agama yang lebih untuk anak-anak, agar tidak terjebak dalam hal-hal yang negativ terkait dunia Ilmu Teknologi.
Ø  Memberikan pengarahan tentang pemanfaatan dan pengoptimalan ilmu teknologi sebagai media untuk membantu guru maupun siswa dalam proses belajar dan mengajar di sekolah.
Ø  Pengenalan ilmu teknologi yang dapat mendukung proses pendidikan di dalam pembelajaran sekolah.
Ø  Pengenalan tentang pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam proses belajar dan mengajar  seperti aplikasi presentasi dan aplikasi pengeditan foto.
Ø  Jadi kita semua harus dapat bersikap arif dan bijak dalam memanfaatkan Ilmu Teknologi dalam dunia pendidikan.



DATAR PUSTAKA
http://dhiyadhey.blogspot.co.id/2013/04/peranan-ilmu-alamiah-dan-teknologi.html
https://irmawasnifitriani19.wordpress.com/2012/12/31/peranan-dan-dampak-ilmu-alamiah-dasar-teknologi/
handiqa97.blogspot.in/2015/11/makalah-peranan-dan-dampak-ilmu-alamiah.html?m=1
farhanhajarudin.blogspot.in/2014/12/peranan-dan-dampak-ilmu-alamiah-dan.html?m=1
http://arrijalrasyid789.blogspot.co.id/
http://sijawa22.blogspot.co.id/2014/06/perkembangan-ilmu-pengetahuan-alam-ipa.html
https://rifkaputrika.wordpress.com/2013/04/27/ilmu-alamiah-dan-teknologi-masa-depan-sehubungan-dengan-kelangsungan-hidup-manusia/






Tidak ada komentar: